oleh

Untuk Kesejahteraan Petani Bojonegoro, Anna-Wawan Luncurkan Program KPM Plus

Bojonegoro, Suryanasional.com – Pasangan Anna Muawanah dan Budi Irawanto meluncurkan program Kartu Petani Mandiri (KPM) plus. Program KPM Plus ini bertujuan untuk pemberdayaan di sektor pertanian sebagaimana yang termaktub dalam Undang-undang Pemberdayaan dan Pemeliharaan pertanian. Acara digelar di lapangan Desa Mojoranu, Kecamatan Dander, Minggu (1/4/2018).

“Program KPM Plus ini adalah implementasi dari amanat Undang-undang Pemberdayaan dan pemeliharaan pertanian. Selain itu, aspek pertanian adalah sektor yang membutuhkan prioritas dalam penanganannya,” kata Anna Muawanah.

Manfaat dan keuntungan dari program KPM plus ini diantaranya setiap petni yang menjadi anggota akan mendapatkan bantuan modal 10 juta. Keperuntukan dari bantuan tersebut diantarnya untuk pembelian bibit maupun pupuk seperti pestisida.

“Bantuan 10 juta digunakan untuk biaya produksi pertanian seperti membeli bibit maupun untuk untuk kebutuhan pupuk. Selain itu, bantuan tersebut juga bisa untuk kebutuhan asuransi pertanian, sehingga saat terjadi gagal panen, petani masih bisa mendapatkan jaminan,” kata dia.

Manfaat lain dari program KPM plus ini juga untuk lebih meningkatkan Sumber manusia (SDM) dengan memberikan bea siswa kepada para anak petani untuk tingkat SMA sampai perguruan tinggi.

Untuk para petani yang kehilangan lahan pertaniannya akibat eksplorasi migas, ada program untuk mengakomodir mereka, yaitu program pelatihan kewirausahaan, pelatihan tenaga kerja dan pengolahan serta pengemasan makanan, dan masih program pelatihan lainnya,” jelas Anna Muawanah.

Ada 17 program prioritas pasangan Anna Muawanah-Budi Irawanto yang nanti akan di implementasikan untuk Bojonegoro agar bisa lebih maju dan lebih berpihak kepada masyarakat. Program-program tersebut diantaranya program infrastruktur, pemberdayaan, pendidikan, kesejahteraan dan beberapa program lainnya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Petani Jatim, Sugiono, menyambut baik program Anna-Wawan untuk kesejahteraan dan pemberdayaan petani ini.

“Semoga program KPM plus ini akan segera terealisasi, sehingga para petani di Bojonegoro bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah Bojonegoro,” kata Sugiono.

Dia mengatakan bahwa pihaknya akan mendukung sepenuhnya untuk kemenangan pasangan Anna Muawanah-Budi Irawanto. “Ini kita lakukan agar para petani di Bojonegoro bisa lebih makmur,” ungkap Sugiono.

Dalam acara tersebut, hadir perwakilan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Kader PKB, kader PDI, petani, dan masyarakat Bojonegoro.(Lex/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed