oleh

Satgas KJK 2018 Singgah Di Batam

Batam Suryanasional.com,- Kota Batam menjadi pelabuhan persinggahan pertama dalam pelayaran muhibah keluar negeri Satgas Kartika Jala Krida (KJK) 2018 Taruna Akademi Angkatan Laut tingkat III angkatan ke-65. Satgas KJK 2018 yang menggunakan KRI Bima Suci sandar di pelabuhan Batu Ampar, Batam, Selasa (7/8), setelah berlayar selama lima hari dari Surabaya.

Kedatangan Satgas KJK 2018 di kota Batam disambut dengan tarian selamat datang dan kesenian musik Bahana Barelang. Satgas KJK 2018 diterima oleh Deputi 4 Badan Pengusahaan Batam Mayjen TNI Eko Budi Supriyanto, Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso, Wadan Lantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si, Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, S.H., Forkopimda Batam serta tokoh masyarakat setempat.

Selama tiga hari sandar di pelabuhan kota Batam, Taruna AAL melaksanakan berbagai kegiatan kunjungan dan promosi ke sekolah-sekolah menengah atas, diantaranya melaksanakan kunjungan ke kantor Badan Pengusahaan Batam, Danguskamla Koarmada I, Kapolda Kepri, Danlanal Banten dan ke Walikota Batam serta melaksanakan kunjungan ke beberapa sekolah menengah atas yaitu ke SMAN 1 Batam, SMAN 14 Batam, SMA Harapan Utama, SMA Kartini dan SMA Yos Sudarso untuk mempromosikan keberadaan Taruna AAL sehingga siswa-siswi sekolah tersebut mengetahui dan tertarik untuk bergabung menjadi Taruna AAL.

Selain itu, selama singgah di kota Batam, Satgas KJK 2018 juga melaksanakan open ship bagi masyarakat setempat untuk berkunjung ke KRI Bima Suci. Masyarakat terlihat antusias dan gembira dapat melihat dari dekat kapal latih Taruna AAL yang terbilang masih baru kebanggaan bangsa Indonesia. Kehadiran KRI Bima Suci dan Satgas KJK 2018 menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Batam. Salah satu diantaranya yakni saat masyarakat disuguhi penampilan display Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL yang begitu atraktif membawakan bermacam lagu kebangsaan pada acara Kirab Kota yang dilaksanakan pada hari Kamis sore. Acara kirab kota diikuti oleh berbagai kesatuan TNI dan Polri wilayah setempat, diantaranya prajurit Yonif 10 Marinir, Lanal Batam, Polres Balerang, Satuan Brimob, Lanud Raja Haji Fisabilillah, SMK Maritim dan Saka Bahari.

Pada malam harinya dilaksanakan acara cocktail party diatas KRI Bima Suci yang dihadiri Danguskamla Koarmada I Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso, Asops Danlantamal IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Edwar H. Sibuea, Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, S.H., Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad serta pejabat instansi militer dan pemerintah setempat. Pada acara tersebut dihidangkan berbagai menu sajian khas Indonesia, salah satu diantaranya yaitu Rendang Padang dan Sate Madura. Selain itu juga para undangan disuguhi penampilan kesenian tradisional Indonesia yaitu Rampak Gendang dari Jawa Barat, Tari Saman dari Aceh dan Tari Kecak asal Bali yang dikolaborasikan dengan brassband Dara Laut Taruna AAL. Selanjutnya pada hari Jum’at tanggal 10 Agustus 2018 pukul 10.00 Wib KRI Bima Suci beserta Satgas KJK 2018 bertolak menuju kota Zhanjiang, China.(Budi R/Pen)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed