oleh

Subditkes Direktorat Akademi Angkatan Laut memperingati Hari Jadi TNI Angkatan Laut ke-73 Tahun

Suryanasional.com,- Dalam rangka memperingati Hari Jadi TNI Angkatan Laut ke-73, Subditkes Direktorat Personel Akademi Angkatan Laut menyelenggarakan pemeriksaan Pap Smear dan Clinical Breast Examination kepada segenap anggota Jalasenastri, anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) wanita AAL di Rumah Sakit dr. Nanggolan AAL Bumimoro, Surabaya.

Sebanyak 86 peserta telah melaksanakan pemeriksaan Pap Smear dan Clinical Breast Examination pada kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Nurri Andrianis Djatmika bersama para pengurus CBS Jalasenastri AAL. Pelaksanaan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Laboratorium Klinik Prodia.

Menurut Kasubditkes Ditpers AAL Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah, S.E., M.Kes CFEM bahwa kegiatan Pap Smear dan Clinical Breast Examination merupakan program rutin yang dilakukan Subditkes Ditpers AAL bai para anggota Jalasenastri, Kowal dan PNS putri. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi resiko kanker serviks.

Pemeriksaan Pap Smear berguna sebagai pemeriksaan penyaring (skrining) dan pelacak adanya perubahan sel ke arah keganasan secara dini sehingga kelainan prakanker dapat terdeteksi serta pengobatannya menjadi lebih murah dan mudah. Pap Smear mampu mendeteksi lesi prekursor pada stadium awal sehingga lesi dapat ditemukan saat terapi masih mungkin bersifat kuratif.

Pemeriksaan Pap Smear merupakan langkah pengujian untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada leher rahim berkaitan kanker serviks pada wanita. Apabila dari hasil pemeriksaan peserta kedapatan ada kelainan akan diberikan rujukan ke rumah sakit untuk diperiksa oleh dokter ahli guna penangan lebih lanjut. Upaya dini untuk mencegah terkena kanker serviks tersebut wajib dijalani oleh wanita yang telah menikah dan pernah melahirkan.(Budi R /Pen).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed