oleh

Jalasenastri Cabang BS Akademi Angkatan Laut Menyelenggarakan Pelatihan Membatik Shibori

Suryanasional.com| Surabaya,-Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Jalasenastri Cabang BS Akademi Angkatan Laut menyelenggarakan pelatihan membatik Shibori, Selasa (2/10). Pelatihan tersebut dibuka secara resmi Ketua CBS Jalasenastri AAL Ny. Chici Wuspo Lukito yang diwakili Wakil Ketua CBS Jalasenastri Ny. Iin Nurri Andrianis Djatmika di Indoorsport AAL Bumimoro, Surabaya.

Pelatihan membatik Shibori tersebut diikuti segenap anggota Jalasenastri CBS AAL, Kowal dan PNS Putri AAL yang diselenggarakan selama satu hari. Pelatihan membatik kali ini diberikan oleh Ibu Emi Suharto yang sehari-hari menjabat sebagai Kasie Budaya Jalasenastri CBS AAL.

Shibori dapat diartikan sebagai proses memanipulasi bahan untuk menghasilkan bentuk tiga dimensi dengan cara mengikat dan membuat simpul, yang di Indonesia sendiri mirip dengan batik jumputan. Banyak tehnik ikatan dan pewarnaan Shibori, namun terbagi dalam beberapa jenis, antara lain : Karoko Shibori, Miura Shibori, Nui Shibori, Arashi Shibori, Kumo Shibori dan Itajime Shibori. (Budi R/Pen).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed