oleh

Danlantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H Menghadiri Wisuda Purna Wira Pati TNI AL Tahun 2018

Laporan Reporter :Budi Raharto/Pen. suryanasional.Com

Suryanasional.Com| Surabaya,-Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., didampingi Ketua Korcab V DJA II Ny. Wenny Edwin menghadiri Upacara Surya Senja dalam rangka Wisuda Purna Wira Pati TNI AL Tahun 2018 dengan Irup Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E,.M.M, di Lapangan Aru Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro Surabaya, Rabu (10/10).

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakasal Laksdya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M beserta Ibu, Ketua Papabri Pusat Letjen TNI (Purn) Agum Gumelar, Ketua PPAL Pusat Laksdya TNI (Purn) Joko Sumaryono, Koorsahli Kasal Laksda TNI Dedi Muhibah Pribadi, SH, MAP., beserta Ibu, Asrena Kasal Laksda TNI Arusukmo Indra Sucahyo, Aspers Kasal Laksda TNI I Nyoman Mandra M.Sc., Aspam Kasal Laksda TNI Supriatno Irawan S.E., Pangkotama TNI AL dan undangan lainnya.

Sedangkan dibarisan Wisudawan Purna Wira Pati antara lain Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., Laksdya TNI (Purn) Dr. Widodo, S.E., M.Sc. , Laksda TNI (Purn) Yani Antarikasa, S.E., S.H., M.H. Laksma TNI (Purn) dr. A.V.S. Suhardiningsih, M.Kep., M.Kes dan 77 Pejabat Pati yang sudah Purna lainnya.

Wisudawan Purna Wira Pati diawali dengan foto bersama, laporan Aspers Kasal kepada Irup dilanjutkan pembacaan keputusan Kasal, Penyerahan Piagam penghargaan yang diberikan kepada perwakilan wisudawan.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E,.M.M, dalam amanatnya menyampaikan bahwa upacara Wisuda Purnawira pada Hakikatnya merupakan Tradisi Khas TNI Angkatan Laut sebagai simbolisasi Pewarisan nilai-nilai luhur kepemimpinan dari generasi yang memasuki masa purna bakti kepada generasi muda penerus TNI Angkatan Laut.

Upacara ini juga merupakan Visualisasi suatu peristiwa penting dilihat dari perspektif pembinaan TNI Angkatan Laut, maupun dari sisi kehidupan kedinasan Perwira TNI Angkatan Laut.

Kegiatan ini lanjutnya, menggambarkan awal dan akhir dari proses panjang pembinaan personel TNI Angkatan Laut dan perjalanan karier seorang perwira dalam melaksanakan Darma Bhaktinya di TNI Angkatan Laut.

Upacara Wisuda Purnawira yang diselenggarakan di Kawah Candradimuka Bumimoro ini memiliki makna bahwa sebuah Pengabdian Panjang kepada negara dan bangsa, diawali dan diakhiri di tempat ini secara formal seremonial.

Melalui Upacara ini diharapkan akan tumbuh dan berkembang ikatan dan kesinambungan batiniah yang kokoh antara generasi pendahulu dan generasi penerus TNI Angkatan Laut

Pergeseran Poros Ekonomi Global dari belahan dunia Barat ke Timur tentunya membawa perubahan geopolitik maritim sekaligus menjadi magnet bagi kekuatan asing untuk berebut pengaruh dan kepentingan di kawasan Asia Tenggara.

Berkaitan dengan hal tersebut, dengan berpedoman pada kebijakan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, diperlukan pembangunan kekuatan pertahanan maritim yang ditujukan untuk menjaga kedaulatan dan melindungi kekayaan maritim serta menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim di wilayah Yurisdiksi Indonesia

“Kepemimpinan yang inovatif, berkarakter, serta menjunjung tinggi nilai kebangsaan dan etika moral, merupakan aktualisasi jati diri prajurit Matra Laut yang telah ditunjukkan oleh Para Wisudawan dalam pengabdiannya. Oleh karena Itu, bagi Perwira Remaja, Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut dan segenap generasi penerus, tidak ada komitmen yang lebih kuat dan penghormatan yang lebih mulia kecuali mewarisi dan meneladaninya,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed