oleh

Antisipasi Hoax, PEPC Gelar Lokakarya media dan media gathering

Bojonegoro Suryanasional.com -Pertamina EP Cepu ( PEPC). mengadakan Lokakarya media dan media gathering bersama 35 wartawan yang bekerja di wilayah Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (26/11/2018). Lokakarya media dan media gathering kali ini mengambil tema jurnalis masa kini antara hoax dan kebutuhan di kantor PEPC Desa Talok, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro.

Public Government Affairs & Relation (PGA & Relation) Manager PT Pertamina EP Cepu, Kunadi mengatakan bahwa selama PEPC beroperasi di Bojonegoro sudah bermacam pemberitaan yang mumuat terkait PEPC.

“Semua pemberitaan terkait PEPC selama ini InsyaAllah akan menjadi refkeksi PEPC di dalam mekaksanakan tugas utk pelaksanaan proyek strategis nasional JTB,” terang Kunadi.

Dia menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi media yg selama ini intensif melakukan pemberitaan mengenai sirkukasi kegiatan pepc.

“Dari pemberitaan tersebut, pada akhirnya masyarakat akan tahu perkembangan apa yang terjadi dalam pelaksanaan proyek Jambaran Tiung Biru (JTB),” kata Kunadi.

Dia berharap kerjasama antara PEPC dengan para media di Bojonegoro, sehingga akan terjalin silaturrrahmi yang baik diantara kedua belah pihak.

Sementara itu Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli menerangkan bahwa hoax di era digitalisasi ini perkembangan teknologi informasi sangat luar biasa dalam mempengaruhi berbagai sektor kehidupan.

“Hoax merupakan salah satu contoh dampak negatif atas perkembangan di era digitalisasi ini. Dengan perkembangan seperti ini akhirnya mengakibatkan banyak orang lebih berani bersuara melalui media sosial namun tidak diiringi dengan tanggung jawab dan tanpa adanya saringan saat mempublikasikannya,” kata Kapolres.

Dia menambahkan bahwa resiko untuk pelaku pembuat dan penyebarluasan hoax di masyarakat sudah tertuang dalam Undang-undang nomor 19 Tahun 2016 tepatnya pada pasal 28 ayat 1.

“Setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik,” jelas Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadly.

Lokakarya media dan media gathering tersebut juga dihadiri oleh Kodim 0813 Bojonegoro. Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber dari media Tempo Wahyu Muryadi yang membahas tugas dan peranan jurnalis dalam era digitalisasi.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed