oleh

SECARA SEDERHANA PENUH KHIDMAT PERINGATI HARI ARMADA 2018 Di KOARMADA II

Editor: Tri Karyono|Reporter:Budi Raharto

Suryanasional.com|Surabaya,-Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, SE, MM sebutan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si. bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Armada RI tahun 2018 di Dermaga Madura, Mako Koarmada II, Ujung Surabaya. Rabu, (5/12).

Peringatan Hari Armada tahun 2018 dengan tema “Armada RI Kesatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara, Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan NKRI” kali ini dilaksanakan di Koarmada masing-masing. Karna untuk tahun ini Komando Armada II memperingati puncak Hari Armada 2018 secara sederhana namun tetap dalam suasana khidmat sebagai Parade dan Defile dan syukuran potong tumpeng.

Sementara itu dalam amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM yang dibacakan oleh Irup, pelaksanaan Hari Armada ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena mempersilahkan kita tentang sejarah berdirinya Armada RI.

Perjalanan sejarah menunjukkan bahwa Armada RI telah berkembang menjadi organisasi yang semakin besar dan didukung oleh berbagai jenis alutsista, kemudian sesuai dengan keputusan Presiden RI Nomor 12 tahun 2018 telah membentuk beberapa satuan baru di TNI di wilayah timur NKRI, termasuk Koarmada III di Sorong sebagai bentuk penataan gelar pasukan TNI dalam rangka membangun negara yang kuat dan bisa juga menjangkau seluruh NKRI.

Peringatan Hari Armada juga menjadi wujud introspeksi dan bagi seluruh jajaran armada atas pelaksanaan tugas yang telah diemban, sehingga ke depan akan semakin optimal.

Tugas Terkait Selain itu, ada beberapa hal yang bersifat hibrida, yaitu kombinasi ancaman, aksi kriminal, serangan asimetrik dan serangan siber harus dapat dilakukan oleh jajaran armada TNI Angkatan Laut.

Karena, dengan menggunakan nama-nama yang ada dalam tiga armada dan karakteristik yang harus disesuaikan dengan postur kekuatan yang optimal dengan tingkat kesiapan operasional yang tinggi.Hal yang menjadi dasar dalam pembentukan kekuatan TNI Angkatan Laut ke depan.

Sementara itu untuk peringatan Hari Armada tahun 2018, Koarmada II menggelar beberapa rangkaian kegiatan. Diantaranya anjangsana kepada warga penyandang disabilitas yang dikoordinir oleh Dinas Potensi Maritim atau Dispotmar Koarmada II, bekerja sama dengan Perkumpulan bakti Sosial dan kesehatan di komplek Kenjeran termasuk pengobatan umum, perbaikan balai RW, penyerahan sembako, ceramah bela negara dan penanaman pohon.

Pada Hari Armada, tahun ini, jajaran Koarmada II telah berhasil menjadi Juara Pertama Lanal Teladan yaitu Lanal Kotabaru yang merupakan salah satu wilayah kerja Lantamal XIII Tarakan, Koarmada II.Selain Koarmada II juga meraih Juara 3 sebagai KRI Teladan yang diraih KRI Diponegoro-365. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kaskoarmada II kepada Danlanal Kotabaru Letkol Laut (E) Joko Andriyanto, ST, M.Tr. Hanla., Dan KRI Diponegoro-365 Letkol Laut (P) Aminuddin Albek, SE, pada saat pelaksanaan upacara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed