oleh

Cuma Superman Bisa Dengar Pesawat TNI AU Jenis Antonov

-TNI-17 views

Editor:Alex Sutrisno|Reporter: Budi Raharto

Suryanasional.com|Jakarta,-Untuk menegaskan suara yang misterius juga meraung-raung yang didengar oleh warga Pekalongan hingga Kabupaten Semarang juga bukan pesawat Antonov An-12BP. Kadispenau Marsekal Pertama Novyan Samyoga menyebut,Dengan suara pesawat hanya bisa terdengar dengan jarak dekat.

“Nggak benar. Suara pesawat hanya bisa didengar jika dekat. Kalau terbang tinggi, ya nggak kedengeran…kecuali telinga superman,” kata Novyan Samyoga pada hari Sabtu kemarin (15/12/2018).

Novyan Samyoga sembari berkelakar dengan mengatakan bahwa hanya super hero atau superman yang bisa mendengarkan bunyi suara pesawat yang sedang terbang tinggi sekali. Menurut Novyan Samyoga, kita susah membedakan suara pesawat Antonov atau Airbus yang sedang terbang tinggi.

“Lagipula, mana bisa dibedakan itu suara Antonov atau Boeing atau Airbus. Sekali lagi hanya superman yang bisa (mendengarkan suara pesawat terbang tinggi),” imbuh Novyan.

TNI AU, menyebut pesawat tersebut selalu termonitor berada di ketinggian 22 ribu kaki. Pernyataan tersebut disampaikan TNI AU yang menampilkan screenshot Flight Radar 24. Screenshot tersebut menampilkan rute pesawat Antonov An-12BP.

“Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tersebut selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 feet. Pada hari Sabtu kemarin (15/12/2018).

TNI AU mengatakan ukuran pesawat Antonov An-12BP hampir sama dengan pesawat Hercules C-130. Namun pesawat tersebut tidak mungkin mengeluarkan suara seperti yang didengar warga jika berada di ketinggian 22 ribu kaki.

“Dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dengan pesawat C-130 Hercules. Secara teori fisika, tidak akan mengeluarkan bunyi seperti yang sedang viral,” terang TNI AU.

Warga Pekalongan, Kabupaten Semarang, hingga Blora mendengar suara misterius yang meraung-raung di langit pada Jumat (14/12) dini hari. Bersamaan dengan itu, situs Flight Radar 24 mendeteksi adanya pesawat Antonov An-12BP yang terbang di langit Pantura.

Flight Radar 24, pada pukul 05.40 PM UTC atau 00.40 WIB, pesawat Antonov An-12BP dengan nomor registrasi UR-CGW melintas di langit Purwakarta, Jawa Barat, pada ketinggian 15.350 kaki.

Sebelumnya, AirNav membenarkan pesawat jenis Antonov An-12BP melintas di Pantura Jawa berbarengan dengan suara meraung-raung yang didengar warga. Meski AirNav membenarkan pesawat itu melintas, tak ada keterangan resmi bahwa itu merupakan sumber bunyi misterius tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed