oleh

Puncak Kompetisi Lomba Karya Ilmiah SMA Se-Kabupaten Bojonegoro yang di Gelar LPPM Unigoro dan EMCL

Bojonegoro, Suryanasional.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro bersama ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menggelar kegiatan Pasar Gagasan, Kompetisi Literasi Digital, Lomba Karya Ilmiah Jenjang SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bojonegoro di Gedung Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, Rabu (30/02/19)

Acara ini merupakan puncak dari kompetisi literasi bagi para siswa SMA sederajat yang telah dibina dan didampingi oleh tim Universitas Bojonegoro sejak Oktober 2018 lalu.

Kompetisi Literasi Digital, Lomba Karya Ilmiah Jenjang SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bojonegoro ink diikuti
14 sekolah. Dari 14 sekolah tersebut dibagi menjadi 29 kelompok. Masing-masing kelompok saling memaparkan karya ilmiah yang telah dibuat sejak 3 bulan terakhir.

Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso pada kesemoatan tersebut mengucapkan apresiasi kepada para siswa yang mengikuti Lomba Literasi Digital dan aktif dalam program mentoring yang dilakukan tim Unigoro.

“Lomba Karya Tulis Ilmiah ini masuk dalam kategori sulit. Apalagi di dalamnya harus ada penelitiannya. Dosen saja mungkin juga akan kesulitan saat harus melakukan penelitian. Maka dari itu, saya sangat mengapresiasi para siswa yang mengikuti kegiatan ini,” kata Arif Junuwarso.

Dia berharap pengalaman yang diperoleh ini dapat menjadi bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Utamanya menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 ini.

Sementara itu hal senada juga disampaikan oleh Perwakilan EMCL, Husna Widhi Hastuti. Menurutnya pengalaman dalam mengikuti kegiatan ini akan menjadi bekal yang baik untuk masa depan. Pihaknya juga menjelaskan bahwa kegitan Kompetisi Literasi Digital ini merupakan program pengembangan masyarakat dari EMCL di bidang pendidikan.

“EMCL selaku operator di Lapangan Banyuurip, berkomitmen agar masyarakat dapat menerima manfaat dengan adanya kegiatan migas ini, salah satunya melalui progam pengembangan masyarakat yang juga telah disetujui oleh SKK Migas, semoga peserta Kompetisi Literasi Digital ini dapat memiliki pengalaman yang baik untuk masa depan,” ungkap Widhi.

Kompetisi Literasi Digital ini sendiri merupakan lomba Karya Tulis Ilmiah yang dipresentasikan dalam bentuk infografis dan videografis, agar dapat diterima dengan mudah, khususnya bagi generasi di zaman sekarang ini.

Laily Agustina Rahmawati, Ketua LPPM Universitas Bojonegoro, dalam kesempatan itu juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan Kompetisi Literasi Digital ini selain untuk menumbuhkan minat literasi di kalangan siswa. Maksutnya adalah agar siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam hal menulis karya ilmiah yang disertai dengan penyampaian menggunakan media kreatif.

“Kita berharap agar para siswa dapat semakin mencintai literasi dan dapat menyampaikan karya tulis ilmiahnya dengan menggunakan cara-cara kreatif. Semua bertujuan agar lebih mudah diterima masyarakat, utamanya generasi zaman now,” ucap Laily Aguatina.

Selain penguatan kapasitas pelajar dalam budaya baca dan menulis. Tujuan Kompetisi Literasi Digital ini juga untuk mengembangkan potensi siswa dalam skill olah digital media infografis dan videografis.

Pelajar di Bojonegoro diharapkan dapat membudayakan cara pandang, gagasan dan ide dalam bentuk tulisan maupun visual dengan konten-konten yang dapat menginspirasi masyarakat melalui konten-konten di media sosial.

Dalam kompetisi ini, masing-masing karya para siswa dinilai oleh dewan juri dan peserta lainnya, dengan menekankan pada aspek penilaian tema dan isi karya tulis, presentasi dan penyajian infografis dan videografis. Sementara dewan juri penilainya berasal dari Pusat Belajar Guru (PBG) Bojonegoro, Bojonegoro Kreatif dan dari Universitas Bojonegoro.

Dari 29 kelompok peserta ini, ada 5 kelompok yang dipilih untuk masuk ke babak final 5 besar. Selanjutnya kelompok yang terpilih itu akan diminta untuk melakukan presentasi secara langsung tentang karya tulis ilmiah yang telah dibuat.

Setelah memaparkan karyanya, akhirnya dipilih 3 juara dari 5 kelompok tersebut. Juara 1 Kompetisi Literasi Digital, Lomba Karya Ilmiah Jenjang SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bojonegoro diraih oleh MAN 1 Bojonegoro dengan karya tulis ilmiah “MINKRES” yang mendapat skor 515, Juara 2 diraih SMAN 4 Bojonegoro dengan karya tulis ilmiah “CAPSI BALM’ dengan skor 490 dan Juara 3 diraih oleh MAN 1 Bojonegoro dengan karya tulis ilmiah “MOLESA” dengan nilai 485.

Hadir dalam acara ini diantaranya Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arief Januwarso, Perwakilan ExxonMobil Cepu Limited, Husna Widhi Hastuti, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Teguh Supriyadi dan Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, M. Mukhlisin Mufa.(Tim/hum/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed