oleh

Untuk Menampung Aspirasi Masyarakat, Bupati Bojonegoro Lakukan Sambang Desa

Bojonegoro, Suryanasional.com – Demi menampung aspirasi dan mengetahui sejauh mana program kerja Pemkab Bojonegoro terimplementasi ke masyarakat, Bupati Anna Mu’awanah sambangi masyarakat Desa Kemiri dan Desa Tambakromo di Kecamatan Malo.

Bupati Bojonegoro menyampaikan bahwa kegiatan sambang desa ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk hadir di masyarakat. Sambang desa ini juga sebagai sarana untuk mengukur Implementasi dan masukan terhadap program kerja yang telah ditetapkan Pemkab Bojonegoro

Pada kesempatan ini bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2019 ini telah memprioritaskan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan,” Kami targetkan tahun 2021 terselesaikan semuanya,” kata Anna Muawanah, Rabu (30/1/2019).

“Selain itu juga masih ada kegiatan lain terkait non non fisik seperti santunan Kematian, Bantuan Warga Sakit Menahun, Bantuan Untuk Anak Yatim, Bantuan Penyandang Disabilitas Berat, Rehab Rumah Tidak Layak Huni, Insentif ustad dan ustadah TPA/TPQ, Insentif Marbot Masjid, Insentif Jamaah Tahlil Putra dan Putri, Insentif Modin Perempuan dan lain sebagainya,” ungkap Bupati Bononegoro tersebut.

Terkait pembangunan infrastruktur jalan, bupati mengatakan bagi desa yang yang tidak mampu melaksanakan pembangunan jalan di wilayahnya, Bupati memberikan alternatif dengam menaikkan status jalannya menjadi jalan kabupaten.

“Alternatif pertama semeatinya bisa menaikan status jalannya menjadi jalan kabupaten. Kedua, melalui Bantuan Keuangan Desa, selanjutnya yang ketiga bisa melalui pembangunan wilayah terpadu antar desa. Yang ini merupakan pembangunan yang melibatkan dua desa atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.l,2 ungkap dia.

Acara ini juga sebagai sarana bagi tiga kepala SKPD untuk memaparkan program kegiatannya. Duantaranya Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas PU Sumber daya Air dan Kepala Dinas P3A dan KB.

Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Edy Susanto

  1. Pembangunan dan rehab Jaringan Irigasi
  2. Pembangunan dan rehab cekdam
  3. Pembangunan dan normalisasi embung-embung desa, dimana di Bojonegoro telah terbangun 553 buah
  4. Normalisasi Kali dan sungai guna meminimalisir banjir dimusim penghujan
  5. Pembangunan tebing kali dan sungai yang menjadi wewenang pemkab, yakni kali atau sungai yang membelah antar desa dan antar kecamatan

Kepala Dinas Pertanian, Ahmad Jupari.

  1. Sekolah Lapang, dimana program ini mengajarkan para petani bagaimana bertanam yg baik, cara memupuk dan membasmi hama agar menghasilkan panen yg baik. Program ini dialokasikan diseluruh desa di Kab. Bojonegoro yakni sebanyak 419 desa, dan dimana setiap desa menyediakan lahan seluas 1 Ha utk sekolah lapang tersebut, sedangkan biaya pupuk, bibit disediakan oleh pemkab dan hasilnya untuk desa penyedia lahan.
  2. Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), dimana asuransi ini diperuntukan hanya bagi petani padi, sehingga nantinya jika terjadi gagal panen akibat banjir, diserang hama petani akan mendapatkan klaim asuransi sebesat 6 juta perhektar, sedangkan untuk pembayarannya 36. 000 per Ha akan disediakan oleh APBD Kabupaten.
  3. Kartu Petani Mandiri Program ini diperuntukan petani yg memiliki lahan maksimal 2 Ha dalam Satu Kepala Keluarga (KK), yang mekanisme penyalurannya melalui Kelompok Tani, dan besaran bantuannnya sebesar 2Jt per Ha.

Kepala Dinas P3A dan KB Adi Wicaksono.

  1. Membrikan Sosialisasi tentang Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, terkait hal tersebut diharapkan agar semua orang tua memperhatikan perkembangan anak, dikarenakan banyak kejadian kekerasan dan ekploitasi terhadap anak terjadi disekitar kita dan pelakunya dilakukan orang-orang terdekat kita sendiri. Untuk itu sebagai orang tua harus selalu waspada
  2. Pernikahan Usia Dini,
  3. Program Keluarga Berencana (KB).

Pada kunjungan ini Bupati Bojonegoro DR. Hj. Anna Muawanah didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Ir. Ahmad Djupari, Kepala PU Sumber Daya Air Edi Susanto, Kepala Dinas P3A dan KB Adi Witjaksono, beserta Camat Malo. Dalam acara ini juga digelar dialog interaktif antar warga masyarakat dengan Bupati Bojonegoro berserta jajarannya.(Lex/Wahyu/red).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed