oleh

Mendorong Penjualan Online, Kemkominfo Ajak UMKM Raih Pasar Global

-Ekonomi-18 views

Editor:Tri Karyono|Reporter:Anto

Suryanasional.com|Surabaya,-Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan Ekonomi digital terbesar di Asia. Jumlah penduduk yang besar & penetrasi pengguna internet yang mencapai 132 juta, menjadi salah satu faktor yang mendorong Indonesia menjadi Pasar transaksi online terbesar di Asia.

Mengingat pentingnya edukasi & pemahaman masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan E-Commerce, serta meningkatkan kualitas & daya saing Produk UMKM Indonesia, Direktorat Informasi & Komunikasi Perekonomian & Maritim Kemkominfo RI, menggelar seminar ‘UMKM Scale Up!:; Potensi Lokal, Raih Pasar Global’ di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (8/5/2019).

Saat membuka kegiatan & menjadi salah satu pembicara, Direktur Informasi & Komunikasi Perekonomian & Kemaritiman KemKominfo RI, Septriana Tangkary SE., MM., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mendidik & mendorong masyarakat untuk memaksimalkan marketplace dalam transaksi dagang atau E-Commerce, serta pengembangan Industri melalui jualan online dengan skala global.

“Saat ini pemerintah Indonesia telah menyusun Peta Jalan E-Commerce Nasional hasil kolaborasi lebih dari 8 kementerian & lembaga pemerintah lainnya. Iika terimplementasikan tepat waktu, maka proyeksi transaksi E-Commerce sebesar US$ 130 Miliar pada 2020 bisa tercapai,” ujarnya.

Menurut Septriana, target tersebut sangat mungkin dapat terwujud, dengan memaksimalkan semua potensi yang ada. “Salah satu potensi datang dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41persen, dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. Menurut data Kemkominfo 2018 sebanyak 9,61 juta unit UMKM sudah memanfaatkan platform online,” tambahnya.

Lebih lanjut Septriana menjelaskan bahwa dari segi infrastruktur, Kemkominfo telah meningkatkan akses internet ke seluruh Indonesia, dari yang di daerah tadinya hanya bisa SMS saja sekarang bisa menggunakan Iayanan internet. Proyek Palapa Ring sudah sampai ke Indonesia bagian Timur.

Sementara itu, President ICSB Surabaya Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM., membahas tentang pendampingan para UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas produk, sehingga dapat bersaing di pasar global.

Serta perwakilan dari marketplace, Ivone Andayani dari Blanja.com, membahas tentang potensi E-Commerce di Indonesia yang dapat membantu UMKM memasuki pasar global.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed