oleh

Rawat Bumi, PDI Perjuangan Bojonegoro Menanam Pohon di 14 Kecamatan Sepanjang DAS Bengawan Solo

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bojonegoro, menanam 4.500 pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo, Sabtu (6/2/2021). Penanaman pohon ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan yang ke 48 dan Ultah ke-74 Megawati Soekarno Putri.

Penanaman pohon dilakukan di 14 Kecamatan, yang dilewati oleh aliran sungai terpanjang di Pulau Jawa ini. 14 Kecamatan tersebut meliputi, Kecamatan Baureno, Kanor, Balen, Trucuk, Kapas, Bojonegoro, Dander, Kalitidu, Purwosari, Malo, Kasiman, Padangan, Ngraho dan Margomulyo dengan bertahap. Untuk hari ini dimulai dari Desa Lebaksari dan Desa Pucangarum, Kecamatan Baureno sebanyak 200 pohon dan bakal dilakukan setiap minggu sampai bulan April.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bojonegoro, Abidin Fikri mengatakan, selain membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), PDI Perjuangan juga berkomitmen membangun peradaban manusia Indonesia dengan menjaga kualitas lingkungan hidup. Sebab, interaksi antara manusia dan alam harus semakin diperbaiki, sehingga proses pembangunan selaras dengan keseimbangan alam.

“Tak ada kata terlambat untuk berbenah, mari dimulai dari sekarang untuk memulihkan ekosistem alam, termasuk sungai demi ruang hidup yang nyaman dan aman bagi seluruh mahluk hidup,” kata dia.

Menurutnya gerakan menanam pohon memang harus terus dilakukan. Sebab manfaatnya dalam beberapa tahun kedepan yang bisa di nikmati anak cucu. Telebih melihat perkembangan global saat ini yang membuat penghijauan ruang publik sedikit terabaikan.

Terlebih lagi, sungai merupakan sumber penghidupan yang mesti disyukuri dengan menjaga keseimbangannya. Sehingga diperlukan sebuah penyadaran yang sinergi dengan pemberdayaan, serta gotong royong dari seluruh elemen masyarakat.

“Sungai merupakan sumber dari seluruh kehidupan untuk memanusiakan kehidupan manusia dengan alam raya,” imbuh Abidin Fikri.

Dalam kegiatan yang tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ini, hadir pula Ketua DPC PDI Perjuangan Bojonegoro, Sekretaris DPC PDI Perjuangan M. Hasan Abrory, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bojonegoro Bambang Sutriyono, Koordinator Satgas DAS Bengawan Solo Kabupaten Bojonegoro Malikin, Sekretaris Satgas DAS Bengawan Solo Kabupaten Bojonegoro Dony bayu Setiawan.

Selain itu, hadir pula Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa setempat, Koordinator Satgas DAS Kecamatan Baureno, Satgas DAS Bengawan Solo Desa Pucangarum, Perwakilan Pengurus PAC Kecamatan Baureno, Perwakilan Pengurus Ranting dan Anak ranting Pucangarum dan Lebaksari.

“Kegiatan penanaman pohon dilakukan secara berkesinambungan dan mengedepankan partisipasi dari seluruh struktural partai, sayap partai, simpatisan dan komunitas atau siapa saja yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dengan menunjukan prilaku yang mencintai sungai sebagai jalan memajukan peradaban

News Feed