oleh

Bupati Bojonegoro Sampaikan Laporan LKPJ 2021

Bojonegoro, Suryanasional.com – DPRD Bojonegoro menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka ”Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Bojonegoro Tahun 2021, di Gedung DPRD Bojonegoro, Rabu (25/5/2022).

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam paripurna ini menyampaikan, bahwa bedasarkan pembahasan hasil laporan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan progress report pelaksanaan pembangunan, berbagai prestasi dan kekurangan telah dituangkan dalam LKPJ Tahun Anggaran 2021.

“Semua itu diharapkan akan menjadi komitmen serta kesepahaman untuk mengarahkan cara pandang perbaikan pembangunan ke depan, dimana kinerja Pemkab Bojonegoro dituntut untuk bisa lebih baik, khususnya dalam menjawab permasalahan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Anna.

Dikatakan Bupati Anna, tahun Anggaran 2021 telah berjalan dengan baik, hal ini tidak terlepas dari kerjasama antara jajaran Forkopimda, Jajaran Eksekutif dan Legislatif serta dukungan dari seluruh komponen masyarakat.

Atas semua rekomendasi DPRD, Bupati Anna menyambut baik dan positif, karena didalam Rekomendasi yang telah disampaikan memuat catatan-catatan strategis yang kelak dapat dipedomani untuk perbaikan atau peningkatan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dimasa yang akan datang.

“Terhadap Rekomendasi yang sudah disampaikan tadi, saya juga menilai bahwa itu semua merupakan masukan yang sangat berharga bagi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro demi terciptanya pembangunan yang berkelanjutan,” tutur Bupati Anna.

Dijelaskan Bupati Anna, sebagaimana yang tertuang dalam APBD 2021 beserta perubahannya, bahwa program dan kegiatan Pemerintah Daerah didukung dari pendapatan daerah

“Pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menargetkan Pendapatan
sebesar Rp..4.2 triliun. Alhamdulillah terealisasi dengan melebihi target, yaiyu sebesar Rp..5.9 triliun atau 137,47%,” kata Bupati Anna.

Sementara pendapatan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2021 dari target sebesar Rp. 912 miliar, tercapai sebesar Rp. 955 miliar atau 104,67%, dibandingkan dari Tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 24,56%.

Sementara untuk Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah ditargetkan sebesar Rp. 174 miliar, tercapai sebesar Rp..164 miliar, atau 94,26%. Selanjutnya total Belanja Daerah tahun anggaran 2021 dianggarkan sebesar Rp. 6.2 triliun, terealisasi sebesar Rp..5.08 triliun.

Total Belanja Daerah tahun 2021
dianggarkan sebesar Rp. 6.2 triliun, terealisasi sebesar Rp 5.08 triliun atau 80,96%, dialokasikan untuk Belanja Operasi, Belanja Modal, belanja tak terduga dan Transfer bagi hasil ke Kab/Kota/Desa.

  • Belanja operasi target Rp 3,1 triliun, terealisasi Rp 2,5 triliun.
  • Belanja pegawai terget Rp 1,2 triliun, terealisasi 1,003 triliun.
  • Belanja barang, target Rp 1,2 triliun, terealisasi Rp 1.015 triliun.

Disebutkan Bupati Bojonegoro, bahwa menginjak tahun ketiga (2021) periode pembangunan 2018-2023 telah diperoleh berbagai kemajuan yang cukup berarti, baik dari sisi penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, maupun pembinaan kemasyarakatan. Walau harus diakui, diantara berbagai keberhasilan itu  masih terdapat kekurangan yang membutuhkan perhatian bersama,

Capaian kinerja indikator utama pembangunan Kabupaten Bojonegoro dapat disampaikan, dengan uraian sebagai berikut :

Indek Pembangunan Manusia (IPM).
IPM menunjukkan angka yang cukup baik yakni sebesar 69,59 poin pada tahun 2021, mengalami peningkatan 0,55 poin dibandingkan dari tahun 2020 sebesar 69,04 poin.
IPM merupakan agregat dari beberapa indikator dimensi dasar, antara lain:
Dimensi pengetahuan/pendidikan.
Dimensi Kesehatan.
Dimensi Standar hidup layak.

Angka Kemiskinan
-Tingkat Pengangguran Terbuka.
-Pertumbuhan Ekonomi dan Inflasi.

Sementara capaian indikator kinerja
masing masing urusan dalam penyelenggaraan pemerintahan tahun 2021 yang terdiri dari 6 urusan wajib pelayanan dasar, 18 urusan wajib bukan pelayanan dasar, 8 urusan pilihan, 2 unsur pendukung, 6 unsur penunjang, 1 unsur pengawasan, 1 unsur kewilayahan dan 1 unsur pemerintahan umum.

Diujung pidatonya Bupati Bojonegoro mengucapkan terima kasih kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD, Forum Pimpinan Daerah, serta semua pihak atas kerjasamanya sehingga Bojonegoro banyak menghasilkan prestasi yang membanggakan.(Lex/red).

News Feed