oleh

Bupati Bojonegoro Serahkan Bibit Tembakau Terbaik Dunia ke Petani

Bojonegoro, Suryanasional.com  – Bojonegoro merupakan penghasil tembakau virginia kualitas terbaik di Indonesia. Virginia dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia.

Di Bojonegoro, indahnya daun tembakau virginia dapat dilihat antara bulan Mei hingga Oktober. Keunggulan tembakau virginia diantaranya warna rajangan cerah, rendemen yang tinggi, dan aroma cita rasa yang begitu khas.

bersama sekelompok petani di area pembibitan pematang sawah Desa Drokilo Kec. Kedungadem Sabtu 21/05/2022. Di awal musim tanam ini, Bupati

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah berkesempatan mengunjungi para petani tembakau di area pembibitan pematang sawah Desa Drokilo Kec. Kedungadem Sabtu (21/05/2022).

Dalam kesempatan ini Bupati Anna menyerahkan bibit tanaman tembakau jenis virginia kepada perwakilan kelompok tani yang terdiri dari Kecamatan Kedungadem, Sugihwaras, Kepohbaru, dan Temayang.

Bupati Anna menyampaikan terima kasihnya kepada Bapak Hamid yang telah menginisiasi dan telah membantu Pemkab Bojonegoro atas pembibitan tembakau jenis jawa maupun virginia yang nantinya diperbantukan kepada dulur-dulur tani di Bojonegoro.

Program pembibitan dan penyerahan bantuan bibit tembakau ini sudah yang kedua kalinya, di tahun 2021 kemarin Pemkab Bojonegoro juga telah menyalurkan bibit tembakau jenis jawa kepada petani di Kecamatan Temayang.

“Alhamdulillah bantuan bibit tersebut mundapatkan hasil yang memuaskan. Pemkab Bojonegoro akan selalu memberikan yang terbaik kepada dulur-dulur tani,” kata Bupati Anna.

“Tetap selalu bersyukur dan semoga mendapatkan keberkahan,” imbuh Bupati Anna Mu’awanah.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Helmi Elisabeth dalam laporannya mengatakan, penyerahan bantuan bibit tembakau virginia kepada dulur-dulur petani tembakau ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Bojonegoro untuk meringankan beban petani dalam memperoleh bibit tembakau khususnya jenis virginia.

“Luasan area lahan tanaman tembakau di Bojonegoro kurang lebih seluas 11.000 hektare dengan jenis tembakau terbanyak yaitu virginia seperti yang terdapat di Kecamatan Kedungadem. Selain jenis virginia, ada juga jenis tembakau jawa yang banyak di tanam petani di wilayah Kecamatan Temayang,” kata Helmi.

Disebutkan Helmi, bahwa di area pembibitan tembakau virginia Desa Drokilo yang dikembangkan oleh Bapak Hamid ada sejumlah 618 bedengan dan sebagian kecil ada juga tembakau jenis jawa.

Dari jumlah volume benih tembakau yang ditanam seberat 2,5 kg bibit yang bisa mencakup area 750 hektare dapat dimanfaatkan lebih dari 1000 petani, sehingga untuk distribusi akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan umur bibit tembakau.

“Program ini tentunya sangat baik karena Bojonegoro dikenal sebagai penghasil tembakau,” kata Helmi Elisabeth.(Lex/HmsBjn).

News Feed