oleh

Meriahkan HUT RI ke-77, Pemdes Pancur Bojonegoro Gelar Parade Karnaval Budaya

Bojonegoro, Suryanasional.com Pemerintah Desa Pancur, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur Menggelar pawai karnaval dalam rangka peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-77, Sabtu (27/8/2022). Hampir seluruh elemen masyarakat ikut memeriahkan pawai karnaval

Kepala Desa Pancur, Lulus Pujiono mengatakan, berbagai rangkaian acara dalam peringatan HUT RI ke-77 telah dipersiapkan Pemdes Pancur, salahsatunya adalah pawai karnaval.

“Pemdes Pancur telah mengagendakan rangkaian acara dalam peringatan HUT RI ke-77. Diantara agenda tersebut adalah pawai karnaval yang diselenggarakan pada hari ini,” kata Lulus Pujiono.

Menurut Lulus Pujiono, pawai karnaval mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika.  Aspek persatuan menjadi poin dalam gelaran karnaval ini.

“Acara ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Kemarin tertunda akibat pandemi Covid-19. HUT RI memang menjadi bagian sejarah yang rutin diperingati setiap tahun. Namun bukan hanya sekedar peringatan, tapi juga agar nilai-nilai peringatan ini bisa senantiasa tertanam dalam diri masyarakat,” katanya.

Melalui peringatan HUT RI ini, ia ingin masyarakat terus mengingat nilai-nilai yang diperjuangkan oleh para pendahulu bangsa.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dalam upaya memelihara kebersamaan antar warga di Desa Pancur. Dengan kebersamaan dan persatuan yang terjalin baik, masyarakat akan menjadi lebih kuat dan lebih bisa menghadapi masalah dengan mudah,” kata Lulus Pujiono.

“Kebersamaan dapat mendorong masyarakat untuk saling bahu-membahu menolong satu sama lain agar semua masyarakat dapat menerima manfaat yang sama. Semoga kegiatan ini dapat menciptakan kerukunan dan kemaslahatan¬† antar warga Desa Pancur,” kata Lulus Pujiono.

Dari pantauan Media Suryanasional.com, pawai Karnaval diikuti 10 regu yang berasal dari semua elemen masyarakat Desa Pancur.

Parade pawai karnaval disambut gembira dan antusias masyarakat. Hak tersebut terlihat dari banyaknya penonton yang memadati jalan disepanjang jalan yang dilalui dalam parade pawai karnaval.

Antusias peserta karnaval tampak begitu terlihat saat mengikuti pawai karnaval ini. Berbagai atribut karnaval nampak begitu bervariasi mulai dari pakaian yang mencerminkan adat dan budaya hingga pakaian yang mencerminkan nilai perjuangan.

Nampak pula Kades Pancur beserta istri turut mengikuti parade pawai karnaval ini. Karnaval diikuti oleh anak-anak, remaja hingga orang tua.  Nampak pula kendaraan hias dan kuda hias turut menyemarakkan kemeriahan karnaval ini.(Lex/red).

News Feed