Lestarikan Budaya, Pemdes Tanjungrejo Kudus Adakan Festival Budaya dan Gelar UMKM Desa

Kudus – suryanasional.com – Pemerintahan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus kembali menggelar Festival Budaya dan UMKM 2023  Kegiatan tersebut digelar diikuti oleh 26 kontingen dengan ribuan peserta. Berbagai atraksi ditampilkan oleh warga Desa setempat sebagai wujud Nguri-uri kearifan lokal. Sabtu (23/09/2023).

Kepala Desa (Kades) Tanjungrejo Cristian Rahadiyanto, mengatakan, bahwa kegiatan Festival budaya dan UMKM 2023 yang diadakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjungrejo Kudus, adalah merupakan Uri-uri Budaya Tempo dulu yang pernah dilakukan oleh para sesepuh kita.

“Dahulu desa sini ada pabrik gula “Mojo” dimana setiap musim tanam tebu pada musim kemarau selalu melakukan ritual siram dawet”, katanya. 

Kegiatan ini akan menjadi progam tahunan dari Pemerintah Desa Tanjungrejo, di samping itu juga ke depan akan diupayakan dukungan penuh dan swadaya masyarakat lebih ditingkatkan.

Dilihat animo masyarakat begitu antusias, mencapai ribuan masyarakat yang mengikuti kegiatan pada siang hingga sore.

“Terimakasih atas dukungan dan partisipasi masyarakat yang turut mensukseskan acara ini, kami juga bersyukur dengan ucapan Alhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses”, ujarnya.

Cristian menegaskan bahwa kegiatan yang kita selenggarakan sudah mulai tanggal 21 – 23 September 2023, dengan berbagai kegiatan. Kali ini kita ambil tema “Festival Budaya Dan UMKM Tanjungrejo 2023 Padhang Mboelan”. 

“Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Jadi Kudus ke 474, mulai dari Desa Tanjungrejo kita ciptakan Kudus yang lebih baik, lebih bersih, dan kembali menjadi jadi kota wali dan kota santri”, tegasnya.

Menurut salah satu Sesepuh Desa Tanjungrejo Karsidi mengatakan, Tradisi Barikan Punden Mbogo sasi Apitan selalu kita adakan walaupun secara sederhana seperti kemarin waktu Pandemi Covid -19.

Karsidi berharap kegiatan kirab budaya, apitan ataupun festival budaya apapun namanya jangan sampai dilupakan, karena ini merupakan khasanah dan warisan nenek moyang kita yang perlu kita Uri-uri kepada anak cucu kita kelak. (AD)