Menantu Hendropriyono Jabat Pangkostrad

Suryanasional.com – Letnan Jenderal Andika Perkasa ditunjuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkata Darat.

Betul karena pangkostrad Letjen Agus akan memasuki masa Pensiun, (Kapuspen) TNI Mayjen M Sabrar Fadhilah Ketika dikonfirmasi, Sabtu (14/7).

Karier Andika melesat. Memulai dinas di korps baret merah Kopassus, lulusan Akademi Militer 1987 ini menjadi kolonel di awal 2013. Di titik ini, kariernya mulai tampak cemerlang.

Dia mendapatkan Kepercayaan menduduki posisi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat pada November 2013, posisi yang di duduki Perwira Berpangkat Brigadir Jendral. Praktis Menantu mantan Kepala BIN Hendropriyono ini naik menjadi Perwira tinggi Bontang satu.

Dua hari Jokowi dilantik menjadi Presiden, Andika langsung menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden. Pangkatnya bertambah menjadi satu Bintang, dengan pangkat mayor jenderal.

Andika kemudian sempat menjalani tugas kedinasan sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura pada 2016. Gerbong TNI AD bergerak ketika Letjen Edy Rahmayadi mengundurkan diri dari dinas militer untuk maju di Pilkada Sumatera Utara.

Karier Andika ikut terkerek naik. Awal tahun 2018, Andika diangkat menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat TNI AD). Pangkatnya naik lagi menjadi letnan jenderal.

Dalam Enam bulan, peruntungan Andika kembali kariernya naik . Dia ditunjuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis AD, sebuah posisi bergengsi di lingkungan TNI AD. Andika menggantikan Pangkostrad Letjen Agus Kriswanto yang akan menjelang masa pensiun.(Budi/SNC).