Pelantikan Pengurus PWI Bojonegoro dan Pentingnya Peran Pers

Berita, Peristiwa1 Dilihat

Bojonegoro, Suryanasional.com – Pelantikan Pengurus PWI Bojonegoro, Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bojonegoro periode 2022-2025 resmi dilantik. Pelantikan digelar di Pendopo Malowopati, Senin (10/10/2022).

Dalam pelantikan pengurus PWI Kabupaten Bojonegoro ini juga digelar Seminar Edukasi Jurnalistik di Era Media Sosial yang menghadirkan narasumber Ahmad Taufik mantan Pimred Radar Bojonegoro.

Kegiatan ini turut dihadiri jajaran Forkopimda, Kemenag, Kominfo, Ketua DPRD, jajaran akademisi, Asosiasi Pengusaha Produksi Makanan Minuman dan Industri Kreatif (APMMIK) dan beberapa pihak lainnya.

Ketua PWI Bojonegoro, Muhammad Yazid mengatakan, seluruh anggota PWI Bojonegoro akan bersama-sama berkontribusi dalam menjunjung tinggi fungsi dan peranan wartawan sebagai media informasi dan kontrol sosial.

Menurut Yazid, dalam melakukan tugasnya, wartawan harus lebih mengedepankan kepentingan masyarakat luas sebagaimana dan mengacu pada kode etik jurnalistik (KEJ) dan Kode Perilaku Wartawan dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Dalam melakukan tugas pers dan fungsinya, wartawan harus senantiasa mengedepankan independensi dan menjunjung tinggi undang-undang pers maupun kode etik jurnalistik,” kata Yazid

Disebutkannya, dalam melakukan peranannya, PWI Bojonegoro juga terus berupaya mendukung dan mensukseskan program kegiatan di Bojonegoro melalui implementasi sinergitas dengan pemangku kebijakan dan stakeholder terkait demi terwujudnya kemajuan dalam proses pembangunan Bojonegoro.

“Pers juga dituntut dapat memberikan informasi dan memenuhi masyarakat dalam mengetahui informasi secara akurat, jujur dan berimbang, sehingga fungsi pers dapat berjalan dengan baik. Pers diharapkan juga berperan aktif dalam mendukung dan mengawasi program kerja pemerintah,” katanya.

Yazid menjelaskan, dalam menunjukkan profesionalitasnya, PWI Kabupaten Bojonegoro melakukan berbagai upaya diantaranya uji kompetensi wartawan (UWK) yang difasilitasi oleh PWI Jawa Timur dan berbagai pihak lainnya.

“Melalui uji kompetensi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan,” kata Yazid.

Menurutnya, pelantikan pengurus PWI Bojonegoro yang dilanjutkan seminar edukasi jurnalistik di era media sosial ini, bisa memberikan pencerahan sekaligus pemahaman kepada para wartawan ihwal peran maupun fungsi pers di Kabupaten Bojonegoro.

Dalam pelantikan pengurus PWI Bojonegoro periode 2022-2025, sebagai Ketua M. Yazid dari Blok Bojonegoro. Sekretaris Mochammad Nurkhozim dari Radar Bojonegoro. Sementara Bendahara dipegang Andik Setyobudi dari Radio El Shinta.

Berikut susunan formatur pengurus PWI Bojonegoro Periode 2022-2025 :

(Lex/red).