Pj. Bupati Pasuruan Buka Pelatihan Pengembangan Kompetensi SDM dan Ekonomi Kreatif

Pasuruan Suryanasional.com – Dalam mengelola potensi wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) harus selalu inovatif dan melek media. Pesan itu disampaikan Pj. Bupati Pasuruan Andriyanto saat membuka Pelatihan Pengembangan Kompetensi SDM dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Kecamatan Gempol. Senin siang (05/02/2024).

Kegiatan ini digelar di BG Cafe Gempol. Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Jawa Timur tersebut menekankan tentang pentingnya inovasi yang dilakukan secara kolektif oleh seluruh pegiat pariwisata. Pastinya, dalam aplikasinya di lapangan, inovasi yang dihasilkan harus berbasis pada riset, bukti dan solusi.

“Ayo munculkan inovasi-inovasi anda sebagai POKDARWIS. Tentunya inovasi tersebut harus berkelanjutan dan berbasis riset. Tidak bisa kita asal-asalan membuat inovasi kemudian setelah terlaksana tidak ada keberlanjutan,” pintanya kepada peserta pelatihan yang berasal dari 2 Desa yaitu Kejapanan dan Desa Sumbersuko.

Hal penting lainnya yang juga merupakan bagian dari inovasi, kata Pj. Bupati Andriyanto, POKDARWIS harus adaptif dengan teknologi digital dan melek media. Sehingga piawai dalam membuat konten-konten promosi wisata untuk kemudian diunggah di media yang dikelolanya. Baik website, blog maupun yang ditayangkan di platform media sosial.

“Saat ini sudah ada media sosial yang melengkapi kehadiran media online. Anak muda tidak boleh anti dengan media massa karena media-media tersebut yang dapat membantu mengembangkan atau memviralkan sebuah Desa Wisata. Jadi harus dimanfaatkan betul sebagai media promosi potensi wisata. Ayo ajak teman-teman media juga untuk melakukan eksplorasi potensi,” imbuhnya didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Eka Wara Brehaspati.

Sementara itu, selain dihadiri Forkopimcam Kecamatan Gempol, pelatihan yang diikuti oleh 80 peserta dari 2 Desa di Kecamatan Gempol tersebut, menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya. Tidak tanggung-tanggung, Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan mendatangkan langsung trainer Pariwisata Nasional dari Kemenparenkraf, Sugiartiningsih. Sedianya akan membersamai para peserta pelatihan hingga dua hari ke depan.