Bentuk Rasa Syukur Masyarakat Melalui Rawat dan Ruwat Bengawan Hiasi Acara Festival Bengawan

Bojonegoro – Pemkab Bojonegoro menggelar Festival Bengawan di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen Sabtu (09/112019). Festival Bengawan diselenggarakan di tepian bengawan. Masyarakat menyambut antusias festival Bengawan ini dengan banyaknya pengunjung yang memadati acara ini.

Dalam Festival Bengawan ini, masyarakat setempat juga melakukan acara ruwat serta rawat Bengawan melalui rangkaian acara Resik Bengawan. Resik Bengawan merupakan bentuk ucapan rasa syukur atas segala kelimpahan sumber daya air dengan cara menjaga serta membersihkannya kembali.

Hal ini juga disampaikan oleh Bupati Bojonegoro, bahwa Festival Bengawan merupakan bagian dari pengejawentahan dan rasa syukur semua pihak. Maka sudah selayaknya kita harus melakukan ruwat dan rawat Bengawan Solo diwujudkan sebagai bentuk rasa syukur.

“Kita melakukan ada rawat dan ruwat Bengawan Solo yang telah memberikan kelimpahan sumber daya air kepada kita. Keharmonisan dan kerukunan dengan semangat kegotong royongan akan menumbuhkan semangat pula untuk kita semua,” kata Bupati Anna Mu’awanah.

Bupati menambahkan bahwa, sudah seharusnya semua pihak untuk menjaga dan merawat alam,
sehingga alam tidak hanya dieksploitasi, namun juga harus merawat.

Sementara itu perwakilan tim creative Festival Bengawan menyampaikan bahwa pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah aktif dan turut serta membantu selama proses acara.

“Festival Bengawan kali ini adalah yang pertama digelar di wilayah timur Bojonegoro. Maka dari itu segala persiapan harus dimaksimalkan. Kita disini ingin menjaga lingkungan Bengawan Solo. Kita berharap, semua yang kita lakukan dapat berkontribusi untuk membangun Bojonegoro.”, Ujar perwakilan tim creative selaku panitia acara.

Festival Bengawan yang ke-6 ini mengambil tema “Bengawan Kita”. Acara ini selanjutnya dirangkai dengan launching Taman Pinggir Gawan Desa Pilanggede. Festival Bengawan berlangsung 8 – 9 November dengan diisi berbagai rangkaian acara didalamnya. Rangkaian acar Festivak Bengawan meliputi Resik Bengawan, pameran, reog jaranan, melukis gerabah serta lomba perahu hias serta pertunjukan wayang satri.

Acara Festival Bengawan dihadiri oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Wakil Bupati Budi Irawanto, Sekda Nurul Azizah serta jajaran OPD Pemkab Bojonegoro. Forkopimcam serta Kepala Desa se-Kecamatan Balen.(Lex/red).