Dukung Program Ketahanan Pangan, Desa Dero Ngawi Intensif Bangun Infrastruktur TPT

Ngawi, Suryanasional.com – Pemerintah Desa Dero, Kecamatan Beringin, Kabupaten Ngawi intensif melakukan pembangunan infrastruktur tembok penahan tanah (TPT). Pembangunan ini dalam upaya mendukung program ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian warga, terutama di bidang pertanian.

Sumber anggaran pembangunan TPT berasal dari Dana Desa (DD) tahun 2022 dengan nilai sebesar Rp 131.780.000. Lokasi pembangunan di Dusun Dero Lor RT 01, RW 02 Desa Dero dengan volume bangunan 109.80 m2.

Kepala Desa Dero Ariyadi Mengatakan, pembangunan TPT saluran irigasi ini, pelaksanaannya dilakukan oleh Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) Desa Dero dengan memberdayakan warga setempat. Pembangunannya juga telah sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB).

“dengan di bangunnya TPT ini semoga pasokan air untuk pertanian dapat lebih lancar dan di maksimalkan para petani,” kata Ariyadi, Kepala Desa Dero, Ariyadi Jumat (10/6/2022).

Menurut Ariyadi, ke depan desanya akan intensif melakukan pembangunan TPT karena di wilayahnya masih banyak pesawahan yang saluran irigasinya masih jelek, di sisi lain mata pencaharian penduduk Desa Dero dari bertani,

“Maka insyaAllah di tahun-tahun berikutnya, akan intensif melakukan pembangunan irigasi maupun pembangunan fisik seperti jalan,” kata Ariyadi.

Dia berpesan kepada masyarakat untuk selalu merawat dan menjaga semua infrastruktur yang telah dibangun.

“Kepada masyarakat Desa Dero, semoga dapat memanfaatkan dan menjaga semua aset infrastruktur, khususnya infrastruktur di Desa Dero ini dengan baik,” tandas Ariyadi.(Fir/red).