BAPPEDA Ngawi Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2023

Advetorial1 Dilihat

Ngawi, suryanasional.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Ngawi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ngawi 2022 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2023 di Pendopo Pemkab Ngawi, Selasa (15/3).

Kepala BAPPEDA Ngawi Indah Kusumawardhani mengatakan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ngawi Tahun 2023 menjadi bagian dari sistem perencanaan pembangunan Daerah yang sistematis dan terpadu yang salah satunya melalui keterkaitan yang erat dengan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Ngawi Tahun 2021-2026 serta Rencana Strategis Pembangunan Daerah Tahun 2021-2026.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah Tahun 2023 dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Jatim, mengklarifikasi usualan kegiatan Musrenbang Desa dan kecamatan yang telah dibahas dalam Forum Perangkat Daerah dengan Rancanagan RKPD Tahun 2023 dan menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerjanya serta loaksi penerima manfaat Tahun 2023.

“Untuk tema kali ini yakni meningkatkan perekonomian daerah melalui penguatan agrobisnis dan agrowisata yang di dukung oleh kualitas Sumber Daya Manusia, pemantapan infrastruktur wilayah dan teknologi informasi,” katanya.

Indah menambahkan, melalui pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ngawi Tahun 2022 diharapkan dapat dirumuskan program atau kegiatan yang sesuai dengan prioritas daerah secara partisipatif namun tetap selaras mendukung prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, dibutuhkan diskusi melibatkan seluruh stakeholder untuk mengerucutkan dan memprioritaskan usulan masyarakat disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah sebagai variable utama dalam penetapan program prioritas pembangunan yang berorientasi pada pemenuhan dan pemerataan hak – hak dasar masyarakat yang berkeadilan dan berkesinambungan untuk dituangkan dalam RKPD Kabupaten Ngawi Tahun 2023.

“Hasil dari Musrenbang RKPD kabupateN Ngawi Tahun 2022 ini menjadi bahan penyempurnaan rancangan akhir RKPD Kabupaten Ngawi Tahun 2023,” pungkasnya.

Semenatara itu, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono menjelaskan, bahwa sesuai dengan musrebang semesta berencana kita maka untuk fokus RKPD Tahun 2023 kabupaten Ngawi yakni bagaimana terkait dengan pengembangan infrastruktur untuk mensupport pengembangan agroindustri maupun agrowisata.

“Fokus RKPD Tahun 2023 kabupaten Ngawi yakni bagaimana terkait dengan pengembangan infrastruktur yang utama,”katanya. (Fir/Red/Adv)