Nilai Estetika dan Multiplier Effect Pembangunan Taman Kota di Jalan MH. Thamrin

Berita, Peristiwa35 Dilihat

Bojonegoro, Suryanasional.com – Kebijakan Pemkab Bojonegoro dengan membangun taman-taman dengan konsep ramah lingkungan yang memiliki ruang terbuka hijau (RTH) telah banyak merubah wajah Kota Bojonegoro. Bukan hanya dari aspek estetika dalam pengelolaan tata ruang kota, kebijakan ini turut memberikan dampak positip bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di sekitar taman.

Itulah sinopsis yang terlihat dari dampak pembangunan taman di sepanjang Jalan MH. Thamrin, Bojonegoro. Taman ini selain nyaman karena desain infrastrukturnya yang manis, juga dipercantik dengan aneka macam flora yang menghiasinya, sehingga semakin menambah nilai artistik dan estetik taman ini.

Taman kota di sepanjang Jalan M.H. Thamrin sudah mulai ramai dikunjungi warga, pagi dan semakin rame menjelang sore. Taman semakin ramai pengunjung saat hari libur.

Warga di sekitar taman tampak antusias dengan keberadaan taman ini. Selain sebagai alternatif tempat bersantai bersama keluarga, taman ini turut memberikan sumbangsih penghasilan bagi warga sekitar.

“Dengan adanya taman ini, dapat menambah penghasilan keluarga. Sebelum taman ini dibangun, warung saya sepi, tapi dengan keberadaan taman ini, Alhamdulillah saat ini warung saya ramai dan pastinya meningkatkan penghasilan saya,” kata Mbak Rini, pemilik warung kopi yang rumahnya tepat di barat taman, Minggu (8/1/2023).

“Terima kasih Bu Anna, Alhamdulillah saat ini penghasilan saya dari warung kopi meningkat berkat keberadaan taman ini,” katanya.

Keindahan Taman MH. Thamrin bukan hanya dinikmati warga Bojonegoro, warga Tuban juga tampak penasaran dengan keberadaan Taman itu. Itulah yang dirasakan kelompok gowes (bersepeda) asal Tuban.

“Alhamdulillah Bojonegoro memberikan tempat alternatif untuk bersantai dengan nyaman bersama keluarga maupun sahabat. Rumah saya Rengel Tuban, jauh-jauh kesini untuk ikut menikmati keindahan dari fasilitas taman ini. Ternyata taman kota ini memang benar-benar indah,” kata Harti, salah seorang dari kelompok gowes asal Tuban.

Hal serupa juga dikatakan oleh Rudi warga Ledok Kulon, Kecamatan Kita, menurutnya, keberadaan taman ini pastinya akan berdampak pada aspek perekonomian maupun keindahan tata kelola kota.

“Bagus sih, selain sebagai tempat bersantai, keluarga, taman ini tentunya akan memberikan dampak perekonomian bagi warga. Terutama warga sekitar taman. Untuk infrastrukturnya, saya rasa bagus, serasa di Kota Bandung,” katanya.(Lex/red).