Pemkab Bojonegoro Gelar kontes dan Pameran Sapi

Bojonegoro, Suryanaaional.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) akan menggelar Kontes dan Pameran Ternak Tahun 2023. Rencananya kegiatan akan berlangsung Selasa (21/11/2023) hingga Rabu (22/11/2023) di Pasar Hewan Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pengolahan, dan Pemasaran Hasil Peternakan, Disnakkan Bojonegoro, Drh. Lutfi Nurahman mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya beternak. Selain itu juga meningkatkan kemampuan peternak Bojonegoro dalam mengembangkan usaha ternak dengan memanfaatkan teknologi modern.

ÔÇťAcara ini juga bertujuan mengukur kemajuan perkembangan usaha peternakan di Bojonegoro, meningkatkan populasi dan produktivitas sektor peternakan, serta merangsang pertumbuhan hilirisasi mandiri melalui inovasi olahan produk hasil peternakan,” ujarnya Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut Lutfi menjelaskan hewan ternak yang dikonteskan adalah sapi, dengan beberapa kategori. Yakni meliputi Jantan Cross, Jantan Peranakan Ongole (PO), Induk Peranakan Ongole (PO), Bakalan Jantan Cross dan Calon Induk Peranakan Ongole (PO). Sedangkan pameran ternak meliputi sapi unggulan Belgian Blue, Sapi Wagyu, Sapi hasil Tranfer Embrio, produk olahan hasil peternakan, dan produk olahan hasil perikanan.

Kontes dan pameran ternak ini dapat diikuti oleh seluruh peternak di Kabupaten Bojonegoro dengan sejumlah syarat. Para peserta tidak hanya berkesempatan memamerkan ternak saja, tetapi juga memiliki peluang memenangkan hadiah menarik, diantaranya uang tunai, trofi, dan piagam penghargaan.

Untuk uang tunai yang akan diterima oleh pemenang adalah sebagai berikut:

– Juara 1: Rp 5.000.000,-
– Juara 2: Rp 4.500.000,-
– Juara 3: Rp 4.000.000,-
– Juara Harapan 1: Rp 3.500.000,-

Kegiatan kontes dan pameran ternak ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi peternak untuk bersaing sekaligus saling belajar, menciptakan komunitas peternakan yang semakin maju dan berinovasi. Acara ini juga menjadi ajang promosi potensial bagi produk peternakan lokal Bojonegoro, menggambarkan keberhasilan dan kemajuan dalam dunia peternakan modern.(Lex/HmsBjn).