Sat Binmas Polres Bojonegoro Gelar Pelatihan dan Ajak Warga Aktifkan Satkamling

Bojonegoro suryanasional.com – Polres Bojonegoro untuk mewujudkan Kamtibmas aman dan kondusif, Sat Binmas menggelar pelatihan peningkatan kemampuan warga dan linmas dalam rangka program Revitalisasi Satkamling di Desa Pacing Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, Rabu (8/5/2024).

KBO Sat Binmas, Ipda Juhair mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan menambah pengetahuan dalam mengelola situasi lingkungan dan memberikan semangat guna mengaktifkan kembali kegiatan siskamling untuk mewujudkan kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Bojonegoro.

“Kegiatan ini bentuk upaya Polres Bojonegoro menghidupkan kembali siskamling atau pengamanan swakarsa di desa desa guna mewujudkan harkamtibmas aman kondusif di wilayah Bojonegoro,” ujar KBO, Ipda Juhair dihadapan peserta pelatihan.

Juhair mengatakan saat ini ada program dari Mabes Polri terkait revitalisasi pos kamling yang bertujuan menghidupkan kembali poskamling yang secara fisiknya ada tetapi belum aktif kegunaannya.

“Tugas mengaktifkan pos kamling bukan hanya tugas tiga pilar desa tetapi tugas bersama dari seluruh elemen masyarakat. Jangan sampai pos kamling ini berubah fungsinya,” imbuh Juhair.

Setelah pos kamling aktif diharapkan juga dilengkapi sarana prasarana pos kamling guna menunjang kegiatan keamanan lebih maksimal. Peningkatan pengetahuan awak pos kamling perlu juga ditingkatkan agar dapat menambah wawasan dan mendukung jika saat jaga pos kamling menjumpai hal yang tidak diinginkan.

‚ÄúDengan diaktifkan pos kamling dan ada penambahan wawasan terkait mengelola lingkungan maka warga yang saat itu melaksanakan patroli atau saat ronda menjumpai sesuatu yang mencurigakan dapat melapor ke Bhabinkamtibmas atau Babinsa,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan ini juga melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, linmas, warga serta tim narasumber atau pelatih dari Sat Binmas Polres Bojonegoro, tim kesehatan guna memberikan pelatihan kepada awak pos kamling semisal membawa pelaku kejahatan dan penanganan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (P2GD). Untuk tim kesehatan dari puskesmas untuk melaksanakan peragaan pertolongan pertama jika ada orang tenggelam, dan pertolongan pada korban kecelakaan. (Humas/red)