Hari Aids Sedunia, DKK Kudus Kampanyekan Layanan VCT Screening Gratis di CFD

Berita, Olah Raga2 Dilihat

Kudus, suryanasional.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus melakukan gerakan kampanye dalam rangka memperingati Hari Aids Sedunia di Car Free Day (CFD) Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (11/12/2022) pagi tadi.

Kegiatan kampanye itu ditujukan untuk menggalakkan gerakan pencegahan dan penanganan HIV Aids di masyarakat. Adapun tema yang diangkat dalam peringatan kali ini ialah Satu Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri Aids.

Kepala DKK Kudus Andini Aridewi menyampaikan, serangkaian kegiatan peringatah Hari Aids Sedunia telah dilaksanakan. Mulai dari seminar, screening dengan VCT mobile HIV Aids, siaran radio tentang penyuluhan Aids, serta senam bersama di CFD hari ini.

“Hari ini kita kolaborasi dengan Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) bersama DKK termasuk puskesmas, PMI, rumah sakit dan disupport oleh CSR dan pihak swasta di Kudus. Kitan mengajak kampanye bagaimana kita melakukan pencegahan dan penanggulangan HIV Aids,” ujarnya, saat ditemui di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.

Andini mengungkapkan, saat ini total kasus HIV Aids di Kudus ada 638 kasus, tercatat dari tahun 2017 hingga Oktober 2022 kemarin. Kudus, menurutnya, berada di posisi tengah untuk total angka kasus HIV Aids di Provinsi Jawa Tengah.

“Tapi prinsipnya, berapapun kasus uang kita tangkat itu lebih baik daripada yang beresiko. Kita bisa menemukan sedini mungkin itu jauh lebih baik. Bagaimana kita bisa mengatasi dan mengantisipasi penyebaran karena bisa lebih mudah,” terangnya.

Andini melanjutkan, upaya yang telah dilakukan dalam penanganan HIV Aids antara lain dengan gerakan STOP atau Suluh, Testing, Obati, Pertahankan.

Suluh sendiri dimaksudkan dengan kegiatan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat terkait HIV Aids, gejala dan resikonya. Setelah itu, dilakukan testing untuk menjaring keberadaan kasus HIV Aids bisa terdeteksi sedini mungkin.

Kemudian, dilakukan Obati dengan tujuan angka harapan hidup oleh masyarakat semakin optimal. Lalu, yang terpenting adalah Pertahankan upaya yang telah dilakukan dan jangan sampai lepas.

“Seperti hari ini kita juga ada VCT mobile untuk secreening, bagi masyarakat yang mau mengecek dirinya sendiri bisa dilakukan secara gratis dan hasilnya bisa langsung diketahui,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga yang ikut CFD di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Ihza (23) mengaku tertarik untuk berpartisipasi dalam secreenibg VCT mobile HIV Aids oleh DKK Kudus.

Warga Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kudus melakukan tes screening dengan alasan ingin tau dan ingin menjaga kesehatan diri sedini mungkin.

“Tadi sudah tes darah dan Alhamdulillah hasilnya negatif,” ungkapnya.

 

Kacab Jateng : Aditya

Editor : Tika