Manfaatkan Dana Desa, Desa Ngrambe Ngawi Bangun Talud Irigasi Pasar Hewan

Berita1 Dilihat

Ngawi, suryanasional.com – Prioritas penggunaan Dana Desa (DD) di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan untuk pembangunan Desa. Seperti yang dilakukan di Desa Ngramge, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Dengan memanfaatkan Dana Desa, Desa Ngrambe melakukan pembangunan Talud irigasi pasar hewan yang berada di Dusun Sidorejo. Pembangunan talud irigasi pasar hewan ini sebagai upaya pencegahan banjir dan longsor saat musim penghujan.

Kepala Desa Ngrambe, Edi Santoso Mengatakan Pembangunan talud irigasi dengan volume Panjang 40 meter dan Tinggi 2 meter dengan anggaran sebesar Rp. 165.000.0000 (Seratus Enam Puluh Lima juta rupiah) dari Dana Desa (DD) tahun 2022. Dengan tujuan untuk menahan luapan air hujan agar tidak meluap masuk di halaman pasar hewan dan agar aliran air lancar.

“Pembangunan talut irigasi ini sudah berdasarkan musyawarah desa (musdes) yang rutin berjalan, dan talud irigasi di pasar hewan dusun sidorejo ini telah di kerjakan oleh Pemdes Ngrambe melalui Tim Pengelola Kegiatan (TPK),” jelasnya, Kamis (31/03/2022).

Sementara itu, Ketua BPD Desa Ngrambe, Joko Santoso ikut menambahkan, Pembangunan talud saluran irigasi di Dusun Sidorejo, Desa Ngrambe, memang dibutuhkan tidak hanya untuk infrastruktur jalan saja, akan tetapi juga memperhatikan sistem drainase di Desa ini.

“Sebab ketika hujan debit air akan melonjak. Namun saat saluran drainase yang ada tak mampu menampung, pada akhirnya juga akan menimbulkan bencana banjir atau tanah longsor,” imbuhnya.

Edi Santoso mengimbau dan berpesan agar infrastruktur yang telah dibangun semua warga dapat menjaganya dengan baik, mengingat penting dan manfaatnya sangat dibutuhkan warga. Bahkan yang diimpikan warga ini patut disyukuri bersama karena terwujudnya infrastruktur.

“Mari kita jaga bersama-sama agar semua infrastruktur di desa ngrambe ini yang di bangun dengan anggaran negara ini tidak cepat rusak,” pungkasnya. (Fir/Red)