Tingkatkan Swasembada Pangan, Dispertan Ngawi Luncurkan TTIC

Berita, Ekonomi4 Dilihat

Ngawi, suryanasional.com – Dalam rangka mewujudkan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi tahun 2022, yaitu salah satu usaha pemerintah memotong rantai pasok pangan. Dengan rantai pasokan yang makin pendek, diharapkan harga barang juga akan turun.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ngawi, Supardi, Dengan dibentuk Toko Tani Indonesia Center (TTIC) menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis, rantai distribusi pemasaran yang terintegrasi agar lebih efisien, harga konsumen dapat ditransmisikan dengan baik kepada harga petani (produsen), informasi pasar antar wilayah berjalan dengan baik, mencegah terjadinya Patron-Client (pemasukan pangan ke pasar suatu wilayah hanya boleh dipasok oleh pelaku usaha tertentu), dan mencegah penyalahgunaan marketpower oleh pelaku usaha tertentu, Selasa (23/08/2022).

Kabid Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan, Dwi Rahayu Puspitaningrum menjelaskan Kegiatan TTIC secara tidak langsung berperan dalam mengatasi anjloknya harga pada masa panen raya dan tingginya harga pada saat paceklik dan menjadi instrumen yang dibuat Pemerintah untuk menahan gejolak harga dalam situasi tertentu.

“Untuk mekanisme yang berkelanjutan baik pada saat situasi suplai melimpah dan kurang atau sebagai stabilisator, dalam menjaga pasokan pangan pemerintah bersama masyarakat. Diharapkan dengan sistem ini harga pangan menjadi murah dan produsen dapat tetap memperoleh keuntungan yang wajar,” terangnya.

Selain itu Dwi Rahayu menambahkan Melalui TTIC diharapkan dapat mengatasi permasalahan fluktuasi harga komoditas pangan akibat tingginya disparitas harga produsen dan konsumen. TTIC sebagai sarana atau wadah bagi toko atau kios maupun pedagang komoditas pangan yang bermitra dengan lembaga usaha pangan masyarakat untuk menjual komoditas pangan hasil produksi petani sesuai dengan harga yang wajar kepada konsumen.

“Saya berharap dengan adanya TTIC Kabupaten Ngawi harga komoditas pangan di Kabupaten Ngawi akan menjadi stabil yang pada akhirnya dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Ngawi yang jaya, makmur dan sejahtera,” imbuhnya. (Fir/Red)